Cara lain dalam pembuatan report di Access adalah dengan cara Report
Wizard. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan report wizard akan
dijelaskan di bawah ini :
1. Pada bidang Access yang telah membuka file Anda, klik ribbon Create.
2. Pada sebuah kelomok Repots, pilih dan klik ikon Report Wizard.
3. Kotak dialog Report Wizard akan tampil. Pada bagian Tables/Queries
pilihlah Anda.
4. Kemudian masukkanlah field Anda dan Nama dari kotak Availabel Fields
ke kotak Selected Fields. Gunakanlah tombol >.
5. Kemduian pilih lagi pada bagian Tables/Queries dengan Tabel Anda.
6. Masukkan field Anda ke dalam kotak Selected Fields.
7. Lanjutkan dengan mengklik tombol Next. Anda akan ditanyakan untuk
menambahkan grouping level. Lanjutkan saja dengan mengklik tombol
Next.
8. Untuk mdus pengurutan ( sorting ) , pilihlah field pertama kemduain klik
tombol Next.
9. Berikutnya adalah untuk model layout laporan, biarkan saja opsi-opsi
yang ada. Lanjutkanlah dengan menekan tombol Next.
10. Selanjutnya pilih model Access dan klik tombol Next.
11. Lanjutkan dengan Anda memberi nama report pada sebuah laporan dan
klik tombol Finish.
12. Reports akan dihasilan dalam sebuah modus Print Preview. Pilih dan klik
tombol Close Print Preview untuk keluar dari tampilan tersebut.
13. Untuk melihat tampilan report sesungguhnya Anda bisa mengklik pada
tanda ikon View pada ribbon Design. Kemudian pilih pada menu Report
View. Tampilan hasilnya akan ditampilkan.
14. Report ini masih bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan Anda sendiri.
Labels:
akses
Thanks for reading Cara Membuat Report dengan Report Wizard di Access. Please share...!
0 Comment for "Cara Membuat Report dengan Report Wizard di Access"