Mendefinisikan Sendiri Ribbon pada Ms. Word






           Anda dapat mendefinisikan sendiri atau mengkustomisasi Ribbon
( Customize Ribbon ) sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda
diberi kebebasan dalam membuat Tab dan Group sendiri guna menampung
perintah-perintah yang paling sering digunakan.
Untuk membuat Tab da Group sendiri, ikut langkah berikut ini :
1. Klik Tab File,  Kemudian pilih dan klik Options,  kotak dialog Word
    Option akan ditampilkan.
2. Pada  kotak dialog tersebut, klik kategori Customize Ribbon.  Kotak
    dialog Word Option - Customize Ribbon akan ditampilkan.
3. Untuk membuat  Tab  baru,  pilih dan klik tombol perintah  New Tab.
    kemudian lakukan pemberian Nama Tab baru dengan menggunakan
    tombol perintah Rename.
4. Untuk   mengatur   posisi  penempatan   Tab  baru,  gunakan  tombol
    Move Down atau Move Up.
5. Selanjutnya buat Group baru, dengan memilih dan mengklik tombol
    perintah New  Group.  Kemudian lakukan pemberian  Nama  Group
    baru menggunakan tombol perintah Rename.
6. Pilih  dan  klik  Group  baru yang ingin diisi dengan tombol perintah.
    Kemudian  pada  tombol  daftar  pilihan  Choose  commands  from,
    pilih dan klik kelompok perintah atau command yang Anda inginkan.
7. Pada  kotak  daftar  pilihan di bawahnya, pilih dan klik perintah atau
    command yang ingin Anda tambahkan. Kemudian klik tombol  Add
    >>. Dengan langkah ini perintah yang Anda pilih akan di tempatkan
    pada Group baru yang sedang Anda pilih.
8. Klik OK.  Dengan langkah ini Ribbon akan dilengkapi dengan  Tab
    dan Group baru hasil pengaturan sendiri.

Catatan :
Cara membatakan Ribbon pilih kotak dialog Word Option > Customize
Ribbon,  pilih dan klik  Reset all customization yang ada pada tombol
daftar pilihan Customization.
Labels: aplikasi

Thanks for reading Mendefinisikan Sendiri Ribbon pada Ms. Word . Please share...!

0 Comment for "Mendefinisikan Sendiri Ribbon pada Ms. Word "

Back To Top