Anda dapat mendefinisikan sendiri atau mengkustomisasi Ribbon
( Customize Ribbon ) sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda
diberi kebebasan dalam membuat Tab dan Group sendiri guna menampung
perintah-perintah yang paling sering digunakan.
Untuk membuat Tab da Group sendiri, ikut langkah berikut ini :
1. Klik Tab File, Kemudian pilih dan klik Options, kotak dialog Word
Option akan ditampilkan.
2. Pada kotak dialog tersebut, klik kategori Customize Ribbon. Kotak
dialog Word Option - Customize Ribbon akan ditampilkan.
3. Untuk membuat Tab baru, pilih dan klik tombol perintah New Tab.
kemudian lakukan pemberian Nama Tab baru dengan menggunakan
tombol perintah Rename.
4. Untuk mengatur posisi penempatan Tab baru, gunakan tombol
Move Down atau Move Up.
5. Selanjutnya buat Group baru, dengan memilih dan mengklik tombol
perintah New Group. Kemudian lakukan pemberian Nama Group
baru menggunakan tombol perintah Rename.
6. Pilih dan klik Group baru yang ingin diisi dengan tombol perintah.
Kemudian pada tombol daftar pilihan Choose commands from,
pilih dan klik kelompok perintah atau command yang Anda inginkan.
7. Pada kotak daftar pilihan di bawahnya, pilih dan klik perintah atau
command yang ingin Anda tambahkan. Kemudian klik tombol Add
>>. Dengan langkah ini perintah yang Anda pilih akan di tempatkan
pada Group baru yang sedang Anda pilih.
8. Klik OK. Dengan langkah ini Ribbon akan dilengkapi dengan Tab
dan Group baru hasil pengaturan sendiri.
Catatan :
Cara membatakan Ribbon pilih kotak dialog Word Option > Customize
Ribbon, pilih dan klik Reset all customization yang ada pada tombol
daftar pilihan Customization.
Labels:
aplikasi
Thanks for reading Mendefinisikan Sendiri Ribbon pada Ms. Word . Please share...!
0 Comment for "Mendefinisikan Sendiri Ribbon pada Ms. Word "