Hal ini, tentu juga menimbulkan sejumlah masalah dan tantangan bagi
ilmu komunikasi dan para pendukungnya yang berkaitan dengan komunikasi
sosial, bisnis, dan politik. Modernisasi, demokratisasi, dan khususnya
industrialisasi media massa dan interaktif (internet) telah melahirkan banyak
profesi baru ( presenter, konsultan komunikasi politik, dan desain grafis )
yang memerlukan pendidikan khusus, dan bersamaan dengan itu sejumlah
profesi juga merosot dan tidak diperlukan oleh masyarakat. Berkembang
pula masalah baru yang memerlukan kajian ilmiah seperti komunikasi
interaksional dalam "pasar gelap politik" dalam berbagai pemilihan
pejabat publik.
Jika ilmu komunikasi ingin maju dan berkembang secara kreatif di
masa depan, maka kita wajib melakukan reformasi cara berpikir yang tidak
terlalu men-"dewa"-kan grand theory dari barat, dan berusaha secara kritis
dan kreatif menghasilkan teori baru yang bersumber dari masyarakat
Indonesia sendiri dengan wawasan keindonesiaan dan melepaskan
pandangan atau sebagaimana yang telah dilakukan dalam histogriografi
Indonesia. Dengan kata lain, kita harus berani dan mampu mempribumikan
ilmu komunikasi dan menjauhkan dari sifat ahistoris, agar tidak terlepas
dari akar budaya dan sejarah Indonesia.
Labels:
artikel
Thanks for reading Masalah dan Tantangan Ilmu Komunikasi . Please share...!
0 Comment for "Masalah dan Tantangan Ilmu Komunikasi "